Kamis, 02 Agustus 2007

Empek-empek instan pengomat rindu


Lagi kangen pengen makan empek-empek tapi karna cari ikan tengirinya suah banget. Ngga sengaja maen ke blognya teh Ophi blio pernah bikin empek-empek pake ikan tuna kalengan, wah bagus neh idenya kenapa ngga dicoba....jadilah empek-empek instan pengobat rindu, inipun bikinnya kilat banget karna ngga pake kapal selam. Thanks ya teh Op!

Bahan:
2 kaleng tuna

3 bawang putih, dihaluskan.
tepung tapioka
1 telur


Cara Bikin:
1. Campur ikan, telur, tepung, dan bawang yg sudah halus jadi satu, diaduk rata hingga adonan kalis (tidak nempel ditangan)
2. Bentuk menjadi empek-empek lenjer, masukan ke dalam rebusan air ( airnya dikasih minyak sedikit)
3. Kalo sudah mengapung baru diangkat.
4. Dan tinggal nggoreng deh, cepet kan...

Cukanya:
2 gelas air
3 batangan gula merah
4 siung bawang putih, dihaluskan
5 cabe rawit, diuleg
garam, gula pasir
cuka/vinegar
1 timun, diiris acak kecil2
ebi kering secukupnya

cara:
rebus semua bahan dalam satu panci.

Cara penyajian:
Empek-empek diiris tipis-tipis, makan bersama kuah cukanya taburi diatasnya dengan potongan kecil timun.

1 Comments:

Blogger sekolahnadya said...

Cerdas mbak..!! pake tuna kaleng :) kenapa gak terpikir ama aku ya he..he...he...
Aku coba deh...Tks ya idenya

13 November 2007 19.56  

Posting Komentar

<< Home