Rabu, 21 November 2007

Tempe Penyet sambel bawang.


Tiba-tiba kepikiran pengen banget makan di lesehan pinggir jalan di Yogya sana. Kangen dengan makanan sederhana tapi kalo lagi jauh kaya sekarang gini justru kepengen banget makannya. Kebetulan sekarang ada tempe ( karna tempe disini harus pesen jauh hari, ngga setiap hari ada tempe ). Bosen dimasak gitu-gitu aja. Alternatifnya ya dibikin penyet aja, makan dengan nasi ngepul mmhhh...dijamin bakal ngabisin nasi sebakul.
Bahan tempe goreng:

1 bungkus tempe, potong ukuran 6x6
1/2 sdt ketumbar
garam, gula

Ketumbar, garam diuleg beri sedikit gula sampai halus. Beri air sedikit, rendam tempe yang udah dipotong2 tadi ( di bolak balik agar bumbu meresep pada tempe) stlh itu sisihkan. Siap untuk digoreng.


Sambal :

6 cabe rawit merah ( kalo yang doyan pedas lebih banyak sesuai selera)
1 tomat
1 siung bawang putih
gula jawa, garam
1/2 sdt terasi ( sesuai selera )

Semua bahan sambal diuleg. Setelah halus, masukan tempenya dan ditekan-tekan ( dipenyet )sampai tempe tercampur dengan sambal.

2 Comments:

Blogger Andaliman said...

Naksir cowek'e :)

23 November 2007 11.05  
Blogger MErrytaRiyadi said...

ya ampyuuun Wid, gw tuh suka banget tempe diginiin, kl lg gak nafsu mkn, Jannah sering mbikinin gw ini.Jadi semangat deh mknnya, hehehehe...Jd ngiler nih say!

27 November 2007 01.15  

Posting Komentar

<< Home