Jumat, 21 Maret 2008

Empek kapal selam


Berapa kali bikin empek-empek selalu pake ikan tuna, krn nyari ikan laut yg pas agak sulit, setelah tanya kanan kiri baru tau kalo orang bikin empek2 dan siomay tuh belinya fish paste yg udah jadi di frozen....oalaahh....kenapa tanyanya juga baru aja yaa..jdnya baru deh makan empek2 dengan rasa yg sebenernya hehehe....
Bahan:
200 gr fish paste (daging ikan laut yg sudah di kulitin dan digiling halus)
150 gr tepung tapioka (kanji)
2 sdm tepung terigu
5 siung bawang putih ( haluskan )
garam secukupnya
2 butir telur dikocok
2 butir telur ( direbus)
Cara membuat:
1. Campur ikan dengan tepung tapioka, telur beri sedkit air, aduk dengan tangan sampai adonan kalis, tambahkan bawang yg dihaluskan tadi, garam dan masukan sedkit2 tepung terigu, aduk kembali dg tangan, remas-remas, sampai adonan tidak lengket ditangan.
2. Bentuk adonan ini menjadi silender (bulat panjang) untuk membuat empek-empek lenjer atau isi dengan telur ayam (yg sudah direbus tadi dibagi dua) untuk empek-empek kapal selam.
caranya ambil adonan ditangan pipihkan sampai tipis lalu masukan irisan telur rebus td, kmdn lipat seperti membuat pastel rapatkan pinggirannya.
3. Masak air bersama minyak hingga mendidih. Masukkan adonan yang sudah dibentuk, rebus hingga mengapung. Tiriskan. lalu Goreng.
Bahan Cuko
1,5 gelas air
gula jawa/ gula merah
4 siung bawang putih geprek
5 cabe merah, haluskan
garam gula pasir
Cuka
Rebus semua bahan sampai mendidih.
cara penyajian:
Empek2 yg sudah di goreng diiris tipis2, beri kuah cukanya, masukan irisan halus ketimun.

1 Comments:

Blogger Is it? said...

Halo Mbak!
Salam kenal,
Aku Dina, tinggal di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
Blog-nya bagus deh,
Bikin aku jadi semangat buat masak lagi.
Hehehehe...

Dina
FB : tokomabelle@yahoo.com
or
emotion_africa@yahoo.com
Visit my blog at : www.memoarofradin.blogspot.com

4 Januari 2010 06.05  

Posting Komentar

<< Home